Peringatan Sumpah Pemuda Pesawaran, Dorong Pertumbuhan Wirausaha Muda.

Pesawaran – Pemkab Pesawaran melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 dengan tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Upacara di halaman kantor Pemkab setempat, Kamis (28/10).

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati, Wakil Ketua dan Anggota DPRD, jajaran Forkopimda, Sekdakab, para Pejabat Struktural di lingkungan Pemkab, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Dharma Wanita Persatuan, GOW dan Ikada  para Camat di lingkup Pemkab, serta seluruh tamu undangan mengenakan pakaian adat nusantara.

Bupati Dendi Ramadhona mengatakan, tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

“Sesungguhnya tema tersebut diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi Covid-19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Dendi.

Menurutnya, momentum Hari Sumpah Pemuda yang diperingati hari ini, harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa untuk bersama-sama bangkit melawan pandemi Covid-19, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda.

Sekitar 64, 50 juta Pemuda Indonesia, atau seperempat dari populasi penduduk Indonesia, 117.696 pemuda Pesawaran atau 24, 65 persen dari jumlah penduduk Pesawaran menjadi harapan besar kemajuan bangsa yang sudah di depan mata.

“Akan tetapi, tanpa komitmen bersatu para pemuda untuk bangsa, niscaya impian menjadi bangsa yang unggul tidak akan terwujud,” sambungnya.

Pemuda sebagai agen perubahan (agent of change) kata dendi, ialah sebuah fakta sejarah yang tidak bisa dihindari, Pemuda Indonesia selalu menjadi penentu momen penting perjalanan bangsa Indonesia

“1908 pendirian Pergerakan Budiutomo sebagai momen kesadaran kebangsaan dan embrio perkumpulan pemuda, 1926 Kongres Pemuda Pertama, 1928 Momentum Sumpah Pemuda untuk persatuan bangsa, 1945 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 1966 Tritura, dan 1998 Reformasi” lanjutnya.

Dalam upaya membangkitkan ekonomi pemuda, juga percepatan pemulihan situasi ekonomi nasional menyongsong Indonesia Maju, Dendi terus mendorong tumbuhnya wirausaha baru, wirausaha muda, baik dalam hal penumbuhan minat, pemberian bantuan wirausaha, termasuk wirausaha berbasis perguruan tinggi dan pesantren, sampai pada apresiasi wirausaha berprestasi.

“Upaya ini tentu tidak akan berdampak maksimal tanpa dukungan semua pihak, khususnya bersatunya niat dan ikhtiar para Pemuda dalam turut serta membangun bangsa ini secara Bersama-sama” pungkasnya.

Pakaian adat nusantara mewarnai puncak peringatan hari sumpah pemuda tersebut, bertindak selaku penanggung jawab upacara Ketua DPD KNPI Kabupaten Pesawaran Toga Asmarantaka, S.T. (pakaian adat Lampung), Pemimpin Upacara Ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Pesawaran Subhi Hidayar (pakaian adat Papua), Pembaca UUD 1945 Ketua Karang Taruna Nurul Azmi, S.E. (pakaian adat Aceh), Pembaca kongres pemuda 1928 Sekretaris DPD KNPI Wahyu Gautama (pakaian adat Dayak, pembaca doa anggota Pramuka Pesawaran Suhaimi (pakaian adat Sulawesi Selatan, dan pengibar bendera dari Purna Paskibraka Kab. Pesawaran angkatan tahun 2020 Arya Kamawijaya (YPP MA Kedondong), Bakti Nusantara (SMAN 1 Gedongtataan), dan M. Ferdiansyah (SMKN 1 Gedongtataan).

Pada bagian akhir, Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, S.T., M.Tr.I.P. bersama Forkompinda Kabupaten Pesawaran menyerahkan Piala, Piagam dan pembinaan bagi pemenang lomba video reportase desa dalam rangka semarak sumpah pemuda yang dilaksanakan oleh Gerakan Pemuda Nusantara (GPN) dan Uniex TV.

Juara 1 Sekar Permailiya (Desa Pampangan) Dengan Judul Video Wisata Way Gunung Batu; Juara 2 Nanda Saputra (Desa Kubu Batu) dengan Judul Video Permainan Tradisional, Juara 3 Medy Carlo (Desa Trimulyo) dengan Judul Video Desa Ku Bangkit Desaku Maju, Juara Harapan 1 (Vina Andriyani) Desa Gedung Dalom dengan Judul Video Bimbingan Belajar, Juara Harapan 2 Antoni Prasatio (Desa Sukajaya Punduh Pedada) dengan Judul Video Perjanjian Manuk Bakhuga Dengan Leluhur Desa Sukajaya Pedada, Juara Harapan 3 Rangga Kesuma (Desa Taman Sari) dengan Judul Video Manfaat Bedah Rumah, Juara Favorit 1 Arneta Dwi Panglima (Desa Pekondoh) dengan Judul Video Kesenian Tradisional Lampung, Juara Favorit 2 Maulida Sela Junita (Desa Kuta Dalom dengan Judul Video Sejarah Monumen Angkatan Laut, dan Juara Favorit 3 Wulandari (Desa Kotajawa Pedada) dengan Judul Video Wisata & Budaya (rilis).

Related posts

Leave your comment Required fields are marked *

Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Pesawaran yang tugas dan fungsinya sebagai katalisator dan dinamisator pelaksana pembangunan di bidang Kepemudaan dan Keolahragaan. "PEMUDA MAJU, OLAHRAGA JAYA".